Kitab “Panduan Ilmu & Hikmah; Jami’ul Ulum wal Hikam”” ketegori Muslim. Judul buku : Panduan Ilmu Hikmah; Jami’ul Ulum wal Hikam
Penulis : Ibnu Rajab
Penerjemah : Fadhli Bahri, Lc
Penerbit : Darul Falah, Jakarta
Tahun cetakan : Rabi’ul Awwal 1423 H/ Mei 2002 M
Ukuran buku : 24 cm, lii+1029 halaman
Harga : Rp 118.000,-

Syaikhul Islam Taqiyuddin Abu Amr Utsman bin Musa Asy-Syarzuki atau lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Ash-Shalah yang wafat tahun 643 H, telah menghimpun hadits-hadits komprehensif ke dalam bukunya yang berjudul Al-Ahaadits Al-Kulliyah yang dikatakan bahwa poros agama berputar di atasnya. Buku tersebut memuat sejumlah 26 hadits.

Kemudian Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An-Nawawi yang wafat tahun 676 H, menyalin kedua puluh enam hadits tersebut, serta menambahkan hadits-haditsnya hingga berjumlah 42 hadits dalam buku Al-Arbain yang sangat terkenal, banyak dihafal dan Allah membuatnya bermanfaat karena keikhlasan penyusun dan kebaikan maksudnya.

Setelah itu Al-Hafidz Ibnu Rajab Rahimahullah menambahkan delapan hadits lain dari hadits-hadits Jawami’ul Kalim ke dalam buku Al Arbain yang mencakup banyak sekali ilmu dan hikmah hingga hadits tersebut berjumlah 50 hadits. Beliau melakukan istikharah kepada Allah untuk menyusun buku yang mengandung syarah makna-makna dari hadits-hadits tersebut, sesuai dengan kemudahan yang diberikan Allah Ta’ala kepadanya dan menentukan kaidah hadits-hadits tersebut.

Dalam syarah ini Al-Hafidz Ibnu Rajab memaparkan hadits-hadits Nabawiyah, menjelaskan kata-kata asing dan makna-maknanya, menerangkan hadits-hadits yang sejenis dengannya, menjelaskan hukum-hukumnya, fiqh dan perbedaan pendapat para ulama di dalamnya. Sehingga menjadikan buku Ibnu Rajab ini termasuk syarah hadits Al Arbain terbaik dari sekian pensyarah lainnya.

(At-Taqwa Online)

Sumber Kitab “Panduan Ilmu & Hikmah; Jami’ul Ulum wal Hikam” : http://www.salaf.web.id